Dua Tahun Vakum karena Pandemi, Pameran Suku Cadang Otomotif INAPA 2023 Kembali Digelar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Setelah dua vakum karena pandemi, pameran tahunan industri suku cadang otomotif INAPA 2023 akan kembali diselenggarakan di Jakarta pada 24 Mei-26 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Presiden Direktur PT GEM Indonesia Baki Lee mengatakan, pameran ini akan diselenggarakan bersamaan dengan pameran INABIKE 2023, Lube Indonesia 2023, EV Indonesia 2023, Tyre & Rubber Indonesia 2023, INAFASTENER 2023, Transport & Logistics Indonesia 2023, Forklift Indonesia 2023, CON-MINE Indonesia 2023 dan IIBT 2023.

Dengan demikian, pameran ini menjadi event pameran yang lebih lengkap seputar industri otomotif dan transportasi.

Baki Lee mengatakan, pameran ini akan menggunakan sembilan area hall di JIExpo dan akan diikuti sekitar 1.000 peserta dari 21 negara di area pamer seluas 25.000 sqm.

Produk yang ditampilkan meliputi suku cadang otomotif, ban, kendaraan listrik, logistik, forklift, bus, truk, konstruksi dan mining serta komponen pendukung.

“Indonesia mewakili 40 persen ekonomi dan populasi ASEAN, sangat berpotensi dalam pengembangan suku cadang otomotif dan kendaraan listrik, hal ini sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk menjadi Major Player untuk industri suku cadang otomotif dan kendaraan listrik di Asia Tenggara,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan, pameran ini juga mendukung upaya Pemerintah Indonesia yang sedang menjalankan dua strategi dalam melakukan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi. Pertama adalah hilirisasi industri dan kedua adalah ekonomi hijau.

Selain itu juga mendukung upaya Pemerintah Indonesia yang terus fokus pada percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik dan menjadikan Indonesia sebagai sentra produksi mobil listrik.

Tren mobil listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) meningkat dengan signifikan, Lebih dari 2,3 juta unit mobil listrik terjual pada kuartal pertama 2023, kata IEA (International Energy Agency).

Potensi pasar bus listrik di Indonesia pun diprediksi akan tumbuh hingga 2025 dan Pemerintah Indonesia siap mencanangkan produksi bus listrik 1.200 unit/tahun menuju era baru Net Zero Emission.

Merujuk pada hal tersebut, INAPA 2023 dan EV Indonesia 2023 menunjukkan komitmen kuat bagi Indonesia dalam mendukung pertumbuhan suku cadang otomotif dan kendaraan listrik Indonesia serta memperkuat posisi Indonesia di pasar otomotif global.

“Kami sangat bersemangat tentang masa depan suku cadang otomotif di Indonesia dan siap
untuk menjadi pemimpin dalam pasar otomotif regional,” ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh agenda pameran ini dirancang dengan format Business to Customer (B2C) dengan output transaksi langsung ke pengunjung melibatkan produsen dengan OEM, manufaktur, distributor, peritel, trader dan lain-lain.

Untuk pameran ini pihaknya menargetkan pengunjung 35.000 pengunjung dari 40 negara.

error: no need to do that :-)