Pameran Suku Cadang Otomotif, Ekosistem Kendaraan Listrik, Logistik dan Kendaraan Niaga Berskala Internasional Terbesar se-ASEAN Kembali Digelar

SETELAH sempat tertunda dikarenakan pandemi covid-19, pameran suku cadang otomotif terbesar se-ASEAN, INAPA 2023 akan kembali hadir dan memenuhi kebutuhan pasar khususnya industri otomotif.

INAPA 2023 akan digelar bersamaan dengan pameran INABIKE 2023, Lube Indonesia 2023, EV Indonesia 2023, Tyre & Rubber Indonesia 2023, INAFASTENER 2023, Transport & Logistics Indonesia 2023, Forklift Indonesia 2023, CON-MINE Indonesia 2023, dan IIBT 2023, yang menjadikannya sebagai pameran terlengkap untuk industri otomotif dan transportasi. Edisi ke 12 dari INAPA akan diselenggarakan pada 24 – 26 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Pameran ini akan hadir dengan skala yang lebih besar daripada pameran sebelumnya dengan diikuti 1.000 peserta dari 21 negara yang tersebar pada 9 Hall dengan luas 25.000 meter persegi. Pameran kali ini akan menampilkan jangkauan produk yang lebih luas meliputi suku cadang otomotif, ban, Kendaraan Listrik, Logistik, Forklift, Bus, Truk, Konstruksi dan Mining, serta Komponen pendukung lainnya.

Indonesia mewakili 40% ekonomi dan populasi ASEAN, sangat berpotensi dalam pengembangan suku cadang otomotif dan kendaraan listrik, hal ini sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk menjadi Major Player untuk industri suku cadang otomotif dan kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Pemerintah Indonesia sedang menjalankan dua strategi dalam melakukan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi. Pertama adalah hilirisasi industri dan kedua adalah ekonomi hijau.

Atas dasar tersebut dan teknologi yang semakin pesat menjadikan industri otomotif akan bertransformasi ke arah yang ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia terus fokus pada percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik dan menjadikan Indonesia sebagai sentra produksi mobil listrik.

Tren mobil listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) meningkat dengan signifikan, Lebih dari 2,3 juta unit mobil listrik terjual pada kuartal pertama 2023, kata IEA (International Energy Agency). Potensi pasar bus listrik di Indonesia pun diprediksi akan tumbuh hingga 2025 dan Pemerintah Indonesia siap mencanangkan produksi bus listrik 1.200 unit/tahun menuju era baru Net Zero Emission.

Merujuk pada hal tersebut, INAPA 2023 dan EV Indonesia 2023 menunjukkan komitmen kuat bagi Indonesia dalam mendukung pertumbuhan suku cadang otomotif dan kendaraan listrik Indonesia serta memperkuat posisi Indonesia di pasar otomotif global. Kami sangat bersemangat tentang masa depan suku cadang otomotif di Indonesia dan siap untuk menjadi pemimpin dalam pasar otomotif regional.

Berbeda dengan pameran sejenis yang mengusung kegiatan Business to Customer (B2C) dengan output adanya kegiatan transaksi langsung ke konsumen, INAPA 2023 menawarkan hal yang berbeda dengan berfokus pada kegiatan Business to Business (B2B) dengan tujuan adanya kegiatan transaksi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya, antara produsen dengan OEM, manufaktur, distributor, peritel, trader dan lain-lain. Dengan demikian INAPA 2023, EV Indonesia 2023 dan IIBT 2023 menjadi platform penting untuk mengembangkan suku cadang otomotif kendaraan listrik dan kendaraan komersial di Indonesia.

Pameran ini akan diselenggarakan bersamaan dengan EV Indonesia Forum 2023 yang akan mengusung tema ‘Powering A Zero-Emission for Indonesia Transportation Future’ yang akan di hadiri para pembicara ahli untuk industri kendaraan listrik. Selain itu, akan hadir pula paparan dari exhibitor melalui seminar Product Knowledge Presentation.

Pameran ini akan menjadi pameran terbesar dan bergengsi di Asia Tenggara dan kami menargetkan akan mendatangkan lebih dari 35.000 pengunjung dari 40 negara. (RO/S-3)